3 Keunggulan Retailer Kirim Barang Langsung Ke Pelanggan
Retail adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga. Arti retail sendiri adalah penjualan eceran. Apa itu retail dan bagaimana karakteristik bisnisnya?
Dikutip dari Shopyfy, retail adalah suatu bisnis yang menjual produk atau jasa kepada konsumen individu atau konsumen akhir untuk digunakan sendiri atau tidak dijual kembali (pengguna akhir). Sementara retailer adalah pelaku dari usaha retail.
Artinya apabila sebuah perusahaan pabrik menjual kepada grosir atau pedagang lain yang mana barang tersebut untuk dijual kembali, maka tidak termasuk sebagai pelaku retail. Di Indonesia, bisnis retail lebih akrab disebut sebagai pengecer atau penjualan eceran.
Retailer berhubungan langsung dengan pelanggan sehingga selain kualitas produk, kualitas pelayanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sebagus apapun barangnya, apabila pelayanannya kurang memuaskan, tak jarang pelanggan tidak kembali lagi.
Pelayanan yang dimaksud adalah sikap penjual kepada pembeli apakah ramah dan komunikatif atau tidak. Selain itu, pelayanan lain yang sering menjadi masalah adalah pengiriman. Pengiriman barang kepada customer dengan menggunakan jasa ekspedisi pihak ketiga seringkali menjadi hambatan, seperti pengiriman terlambat, salah alamat, barang tertukar, barang hilang, atau barang yang rusak. Hal ini apabila terjadi tentu saja menjadi citra kualitas yang buruk bagi perusahaan.
Sebagai solusi, anda dapat menerapkan pengiriman barang langsung kepada pelanggan tanpa jasa pengiriman pihak ketiga. Berikut 3 keunggulan bagi bisnis yang mengirimkan barangnya langsung kepada pelanggan:
- Citra Bisnis Terlihat Lebih Terpercaya dan Exclusive
Mengirimkan barang langsung kepada customer bukan hal yang mudah, banyak tugas yang harus dilakukan. Namun, sisi positifnya tentu saja hal ini dapat membuat bisnis anda lebih exclusive dan lebih terpercaya.
- Pelanggan Merasa Lebih Diistimewakan
Latih kurir anda agar dapat bersikap ramah terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa istimewa ketika barang yang diantar dalam kondisi baik oleh kurir yang ramah.
- Tidak Ada Resiko Barang Hilang atau Rusak
Berbeda jika anda menggunakan jasa ekspedisi pihak ketiga, jika anda mengirimkan produk sendiri, produk tidak akan bercampur dengan milik bisnis lain sehingga anda dapat mengelola barang dengan lebih baik. Resiko barang hilang atau rusak dapat diminimalisir atau bahkan tidak ada.
Lengkapi perusahaan dan bisnis anda dengan fasilitas pengiriman barang yang memadai untuk memaksimalkan proses pengiriman barang dari gudang ke pelanggan dengan baik.